Wednesday, September 4, 2013

Bahaya Minum Saat Tengah Makan


Meneguk air saat tengah makan tampaknya tak berbahaya, justru terasa membantu ketika ada makanan yang tersendat di tenggorokan. Namun tahukan Anda bahwa minum air saat tengah makan bisa berakibat buruk bagi pencernaan dan kesehatan?


Konselor makrobiotik Shonali Sabherwal menjelaskan bahwa minum saat sedang makan bisa menghambat pencernaan dan meningkatkan tingkat insulin dengan cepat. Hal ini tentunya bisa berbahaya, terutama jika Anda adalah penderita diabetes atau memiliki penyakit pencernaan.

"Sebagian orang tak tahu betapa salahnya praktik ini dan apa yang bisa diakibatkannya pada pencernaan mereka. Ketika tubuh mulai menerima makanan, sistem pencernaan melepaskan cairan pencernaan. Jika Anda minum air di saat yang sama, Anda akan menipiskan cairan pencernaan dan menghambat kinerjanya," ungkap Sabherwal, seperti dilansir oleh Times of India (29/07).

Penelitian menunjukkan bahwa minum sedikit air saat makan mungkin tak menjadi masalah, namun minum segelas atau dua gelas air bisa menghambat pencernaan. Lebih baik minum air dua jam sebelum atau setelah makan. Ini akan membantu proses pencernaan dan tubuh dalam menyerap nutrisi makanan.
Air yang masuk saat makan akan diserap oleh dinding lambung. Hal ini terus dilakukan hingga air habis. Setelah itu, sistem pencernaan kembali mengeluarkan cairan untuk mencerna makanan, namun lebih tipis sehingga akan menghambat pencernaan.

Selain itu, hal tersebut juga bisa menyebabkan asam meningkat dan rasa mulas. Tak hanya itu, minum air saat makan juga meningkatkan kadar insulin dalam darah dan membuat tubuh lebih cepat menimbun lemak.
Untuk mencegah minum air saat makan, Shaberwal menyarankan agar Anda tidak memakan makanan yang terlalu asin. Makanan asin akan membuat Anda lebih cepat haus dan ingin minum air. Selain itu, jangan makan dengan tergesa-gesa agar makanan tak tersangkut di tenggorokan. Selain itu, lebih banyaklah mengunyah. Ini akan membuat pekerjaan lambung lebih mudah saat mencerna makanan.

1 comment:

suplemen glucogen said...

artikelnya sangat bagus dan menarik, semoga bermanfaat.
suplemen glucogen