Sunday, September 1, 2013

Memakan Buah Dan Sayur Dapat Memperpanjang Usia

http://www.pekanbaru.co/wp-content/uploads/2013/07/Buah-dan-sayur.jpgMakanlah buah dan sayur. Nasihat tersebut sudah sering kita dengar sejak masih kecil. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, rasanya buah dan sayur makin tersisih dari pola makan sehari-hari.

Selain menyediakan vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan tubuh, ternyata rutin mengonsumsi buah dan sayur juga bisa membuat kita lebih panjang umur.

Hal tersebut disimpulkan dari penelitian sepanjang 13 tahun terhadap 71.000 orang Swedia berusia 45-83 tahun. Penelitian itu mengukur tentang konsumsi buah dan sayur serta usia harapan hidup para responden.

Ternyata, mereka yang makan sedikitnya satu sajian buah setiap hari berusia 19 bulan lebih panjang dibanding orang yang tidak pernah makan buah. Hal yang sama didapat dari orang yang makan sayur. Rutin makan sayur setiap hari memperpanjang umur sampai 32 bulan.

Pengambilan data survei ini dilakukan antara tahun 1997-1998. Di akhir tahun 2010, sekitar 11.500 responden meninggal dunia.

Walau sudah terbukti baik bagi tubuh, sebenarnya berapakah porsi makan buah dan sayur yang dianjurkan?

Para peneliti mencatat bahwa makan lima kali sayur dan buah setiap hari adalah yang terbaik. Makan dengan porsi kurang dari itu efeknya terhadap usia harapan hidup menjadi tidak optimal.

Menurut Alicja Wolk, PhD, salah satu peneliti, sebaiknya kita mengonsumsi lebih banyak sayuran ketimbang buah. Tetapi, baik buah maupun sayur, harus ada dalam menu harian.

"Buah dan sayur mengandung tipe vitamin dan mineral yang berbeda, yang tidak bisa kita temukan dalam makanan lain. Buah pada dasarnya lebih tinggi kalori. Meski begitu, buah dan sayur harus sama-sama dikonsumsi," katanya.

Konsumsi buah dan sayur secara rutin juga diketahui menurunkan risiko terkena penyakit berbahaya, seperti kanker, penyakit jantung, obesitas, dan diabetes. Selain itu, sistem kekebalan tubuh dan tekanan darah menjadi lebih baik.

Source : Here